Kamis, 21 Juli 2016

Waktu Yang Bersamaan

Kemarin lusa, ada peristiwa dua 'janji' yang tidak disepakati. Yang pertama ada kawan dari Langsa yang pergi ke Banda Aceh untuk menjemput keluarganya yang telah sembuh dari Rumah Sakit Jiwa Aceh. Beliau ini hanya mengabarkan saja, tidak buat janji dan tidak terikat. Yang satu lagi teman Arif Santana, teman dari RSUD Aceh Tamiang yang ke Banda Aceh karena ada urusan tertentu. Beliau ini sudah BBM saya, untuk istirahat sejenak di rumah saya karena beliau check in di Hotel jam 12.00 siang.

Tepat hari H (kemarin, hari Kamis), yang duluan menghubungi saya teman dari Langsa yang bernama Om Giyon. Saya kaget, yang mana dulu harus saya duluan. Saya harus pilih salah satunya. Setelah saya hening sejenak di rumah sebelum berangkat keluar, baiklah saya dahului Om Giyon ini. Setelah sampai di Rumah Sakit Jiwa Aceh, kita ngopi sebentar di kantin Rumah Sakit Jiwa Aceh, setelah ngopi kita langsung ke ruangan dimana keluarganya di rawat. Setelah Om Giyon mengobrol sejenak dengan petugas ruangan dimana keluarganya di rawat, keluarganya ini sudah sembuh klinis dan bisa pulang. Setelah urusan administrasi selesai, Om Giyon dan keluarganya pamitan setelah dipenkes oleh petugas di ruangan. Saya pun mencari becak untuk mengantarkan Om Giyon dan keluarganya ke Batoh. Dan mereka pun berpamitan kepada saya dan mengucapkan terima kasih. Saat itu jam menunjukkan pukul 08.30 WIB. Alhamdulillah, urusan pertama selesai.

Alhamdulillah sekali, setelah urusan yang pertama selesai baru bang Arif Santana meng-BBM saya, beliau bilang, "Amir abang udah diterminal, Amir dimana tinggalnya, minta nomor hapenya". Kemudian saya balas dan mengirimkan nomor hape saya kepada beliau. Untuk menyambut beliau di rumah, saya membeli bolu buat makan-makan di rumah. Tiba-tiba, beliau mengkonfirmasi ulang, "Amir, abang di Mesjid Raya aja ya, pengen sholat, kalo mau beraktivitas ya lanjut aja. Semoga dapat cekguenya", beliau bilang. Saya jawab, Okeh bang, terima kasih.

Saya saat di rumah, tersenyum-senyum, Ya Allah indah sekali perencanaan-Mu. Hamba udah pasrah, harus pilih salah satu, dan saya pilih Om Giyon ini, dan saya minta maaf kepada bang Arif Santana atas janji yang terabaikan, niat saya. Tapi, alhamdulillah Allah beri jalan lain. Tidak ada yang dikecewakan. Ya Allah Engkaulah yang mempunyai hati kami, Engkaulah yang membolak-balikkan hati-hati kami. Puji syukurku kepada ya Rabb Tuhan semesta alam.


17 Syawal 1437 H / 22 Juli 2016, Banda Aceh


Amiruddin Simbolon bin Ittom Simbolon

0 komentar:

Posting Komentar